furniture jepara | mebel jepara | jepara | amirul jepara | jepara products | jepara Desa Siaga Bencana di Jepara Mulai Dirintis jepara jepara products - furniture jepara - mebel jepara
selamat datang di blognya anak jepara, di jepara products diterangkan berbagai produk jepara, saya sebagai anak jepara bangga mempublikasikan produk asal kota jepara ini. siliahkan dilihat-lihat produk jepara nya.jepara jepara jepara bisa!!!

translator

>

8.05.2011

Desa Siaga Bencana di Jepara Mulai Dirintis


siaga bencana di jepara

Jepara, CyberNews. Bidang Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara mulai merintis pengembangan desa siaga bencana. Tahun ini, desa yang menjadi perhatian adalah yang berada di area Kecamatan Donorojo.
Hal itu disampaikan Kabid PBA Satpol PP Setyanto saat dikonfirmasi, Minggu (10/7). Setyanto menjelaskan, kegiatan itu akan diletakkan di Desa Tulakan dengan mengundang perwakilan seluruh desa se-Kecamatan Donorojo pada 13 dan 14 Juli mendatang.
Dia menjelaskan, peserta yang ikut dalam kegiatan itu sebanyak 100 orang yang terdiri dari delapan desa. "Dalam kegiatan itu yang diundang adalah para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna, pramuka dan bidan. Lokasinya nanti di KPRI Pelita di Desa Tulakan," katanya.
Kegiatan itu, lanjut Setyanto, adalah untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat sekaligus memberikan pengetahuan untuk melakukan langkah antisipasi jika kembali terjadi bencana di kawasan tersebut. kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat perlu ditingkatkan.
Karena itu, Desa Siaga Bencana dibentuk untuk menggerakkan dan mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap bencana. "Dengan pertemuan itu nanti agar antar desa agar saling perhatian tidak justru menjadi tontonan," tuturnya.
Sebagai desa siaga bencana, kata Setyanto, diimbau kepada masyarakat di Kecamatan Donorojo untuk selalu waspada, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa dilakukan upaya penyelamatan diri.
Menurutnya, lokasi yang rutin terjadi bencana adalah Dukuh Tempur Desa Sumberrejo. "Desa tersebut rutin terjadi banjir karena posisinya yang ada di lembang. Selain itu, ada juga Desa Clering yang tahun lalu terjadi banjir cukup benjar. Kalau yang di Clering tidak selalu terjadi," jelasnya.
Dia menjelaskan, kegiatan itu merupakan dukungan dari Badan Penanggulangan Becana Alam Daerah (BPBD) Jateng. "Kami selaku tuan rumah menyiapkan area yang memang membutuhkan. Materi yang diberikan seputar pertolongan pertama gawat darurat. Kalau soal penanganan yang lain saya belum bisa menjelaskan," ujarnya.
( Akhmad Efendi / CN31 / JBSM )

dikutip dari: suaramerdeka.com

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 

jepara products - furniture jepara - mebel jepara Copyright © 2010 jepara products by amirul jepara