furniture jepara | mebel jepara | jepara | amirul jepara | jepara products | jepara Ilmuwan Membuat Lem Ala Kaki Tokek jepara jepara products - furniture jepara - mebel jepara
selamat datang di blognya anak jepara, di jepara products diterangkan berbagai produk jepara, saya sebagai anak jepara bangga mempublikasikan produk asal kota jepara ini. siliahkan dilihat-lihat produk jepara nya.jepara jepara jepara bisa!!!

translator

>

9.30.2010

Ilmuwan Membuat Lem Ala Kaki Tokek


TEMPO Interaktif, Berkeley: Ilmuwan di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, kembali melanjutkan risetnya dalam menciptakan lem sintetis yang mirip dengan kaki lengket tokek (Gecko gecko). Penemuan terbaru mereka adalah perekat yang dapat membersihkan sendiri kotoran dan debu yang melekat sehabis digunakan tanpa memerlukan air atau bahan kimia, mirip dengan rambut jari tokek. Penemuan ini membawa para ilmuwan itu semakin dekat dengan tujuan membuat robot segala medan yang dapat memanjat dinding dan langit-langit di lingkungan alami, bukan cuma di atas kaca yang bersih.
"Kami dapat membayangkan robot itu bisa pergi ke mana pun diperlukan, mungkin untuk mencari korban yang selamat setelah bencana," kata Ron Fearing, dosen teknik listrik dan komputer di University of California, sekaligus kepala tim riset pengembangan material baru tersebut.
Perkembangan perekat ala tokek ini dilaporkan dalam Langmuir, jurnal American Chemical Society. Selama bertahun-tahun para ilmuwan berupaya mengembangkan rambut jari yang memungkinkan tokek berakrobat, dalam versi buatan manusia.
Awal tahun ini, kelompok Fearing berhasil membuat perekat yang terinspirasi dari tokek dengan menggunakan serat mikro polimer yang dengan mudah menempel dan lepas dari permukaan yang bersih. Meski demikian, mereka belum bisa meniru kemampuan tokek yang dapat berjalan di permukaan yang kotor sekaligus menjaga kakinya tetap bersih sehingga dapat memanjat dinding.
Pada 2005, sebuah tim yang diketuai oleh Kellar Autumn, dosen biologi di Lewis & Clark College di Portland, Oregon, untuk pertama kalinya berhasil mengungkapkan bahwa tokek menjaga kaki lengketnya tetap bersih dengan mengebaskan partikel tanah setiap kali melangkah.
"Kaki tokek itu sangat berlawanan dengan selotip yang menjadi "magnet" untuk menarik debu serta kotoran dan tidak dapat dipakai ulang," kata Fearing. "Dengan perekat tokek ini, kami bisa membuat material pertama yang dapat menempel sekaligus membersihkan diri dari debu setiap kali kontak."
Dalam studi terbarunya, Fearing dan timnya merancang perekat dengan serat mikro yang terbuat dari polimer kaku. Dengan menggunakan bola-bola mikro berdiameter 3-10 mikrometer untuk mensimulasikan kontaminan, para ilmuwan bisa menunjukkan bahwa serat mikro menekan partikel bola-bola mikro ke ujung serat ketika perekatnya tidak menyentuh permukaan. Ketika serat menekan permukaan halus, kontaminan membuat kontak yang lebih besar dengan permukaan dibanding dengan serat.
SCIENCEDAILY
Sumber: http://tempointeraktif.com/hg/iptek/2008/09/14/brk,20080914-135399,id.html

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 

jepara products - furniture jepara - mebel jepara Copyright © 2010 jepara products by amirul jepara